Rabu, 15 Oktober 2014

Etika Pemerintahan

         Dalam menjalankan suatu pemerintahan, etika juga sangat perlu diterapkan. hal ini guna memastikan agar jalannya pemerintahan tetap berorientasi untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama. Hal ini juga memicu peningkatan rasa solidaritas dan persatuan yang tinggi dalam masyarakat sehingga akan berimbas pada perkembangan ekonomi yang lebih baik.

     Etika ini dimaksud untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efisien dan efektif serta menumbuhkan suasana pemerintahan yang demokratis yang bercirikan keterbukaan, rasa bertanggungjwab, tanggap akan aspirasi rakyat, menghargai perbedaaan, jujur dalam persaingan, kesediaan untuk menerima pendapat yang lebih benar, serta menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

Fungsi Etika Pemerintahan
1. Sebagai suatu pedoman, referensi, acuan, penuntun, dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan
2. Sebagai acuan untuk menilai apakah keputusan dan/atau tindakan pejabat pemerintahan itu baik atau buruk, terpuji atau tercela.

Tujuan etika politik adalah mengarahkan ke hidup yang baik, bersama dan untuk orang lain, dalam rangka memperluas lingkup kebebasan dan membangun institusi-institusi yang adil. Definisi etika politik membantu menganalisis korelasi antara tindakan individual, tindakan kolektif, dan struktur-struktur yang ada. Dalam perspektif ini, pengertian etika politik mengandung tiga tuntutan:
(1) upaya hidup baik bersama dan untuk orang lain;
(2) upaya memperluas lingkup kebebasan; dan
(3) membangun institusi-institusi yang adil.

Kesimpulan:
Etika ini bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efisien, dan efektif, sehingga pemerintahan tersebut boleh dikatakan ideal. karena etika ini merupakan acuan dan pedoman keseluruhan mengenai pemerintahan.

Sumber:
- http://www.academia.edu/5669081/ETIKA_PEMERINTAHAN_DAN_POLITIK
- http://makalainet.blogspot.com/2014/01/etika-pemerintahan.html
- http://prianirini.blogspot.com/2014/01/etika-pemerintahan.html
- http://arifmunandar.yu.tl/etika-pemerintahan-dan-politik.xhtml
- http://ray-x-heray.blogspot.com/2012/11/etika-pemerintahan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar