Rabu, 21 November 2012

ORGANISASI DAN PRAKTEK MSDM KOPERASI

Organisasi Koperasi
Organisasi Koperasi adalah cara atau sistem hubungan kerja antara orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama dan memiliki maksud untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan ditetapkan bersama-sama dalam suatu wadah Koperasi.
Sebagai organisasi, Koperasi mempunyai tujuan organisasi yang merupakan kumpulan dari tujuan para individu anggotanya, jadi Koperasi harus mengacu dan memperjuangkan pemuasan tujuan individu anggotanya, dan operasionalnya harus memiliki hubungan yang baik antara Koperasi dengan individu anggotanya.

MSDM dalam Koperasi
unsur terpenting dalam Manajemen SDM adalah manusia, cakupannya sebagai berikut:
  1. Anggota Koperasi, yang merupakan individu-individu atau koperasi-koperasi yang menjadi bagian dari Koperasi tersebut sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Sebagai anggota Koperasi, setiap anggota wajib membayar sejumlah uang untuk simpanan pokok dan simpanan wajib.
  2. Karyawan Koperasi, adalah sejumlah orang yang bekerja membantu jalannya usaha dalam Koperasi. misalnya: Karyawan yang bertugas di bagian pembukuan pada Koperasi Simpan Pinjam.
  3. Manajer Koperasi, adalah orang yang membuat kebijakan Koperasi, mengatur jalannya Koperasi, mengawasi kegiatan Koperasi, dan mengatur dana untuk digunakan seefektif dan seefisien mungkin.
  4. Pengurus Koperasi, adalah orang yang dipilih melalui rapat anggota yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan dan melaksanakan segala hal yang tercantum dalam keputusan AD, ART, dan rapat anggota.
  5. Pengawas Koperasi, adalah suatu jabatan yang anggotanya dipilih dari anggota Koperasi, yang memiliki fungsi dan tugas untuk mengawasi dan memeriksa pembukuan keuangan dan kekayaan Koperasi, tata kehidupan Koperasi dan juga pelaksanaan kebijakan pengurus Koperasi.
  6. Badan Pembina dan Dewan Penasehat, adalah pejabat struktural dalam suatu wilayah dimana Koperasi berada.


Sumber:  http://ozzyzone.blogspot.com/2011/03/makalah-manajemen-koperasi-manajemen.html , http://vanezintania.wordpress.com/2010/12/27/organisasi-koperasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar