Kamis, 15 November 2012

Perkembangan Koperasi

Di Indonesia Koperasi sudah dikenal sejak tahun setelah Indonesia merdeka. Koperasi mempunyai peranan penting bagi rakyat miskin atau golongan bawah, karena tujuannya adalah untuk melayani kebutuhan bersama. Namun semakin berjalan nya zaman, Koperasi di Indonesia tidaklah berkembang lagi.
Semua disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

  1. Kurangnya partisipasi anggota
  2. Sosialisasi Koperasi yang kurang
  3. Manajemen Koperasi yang tidak berorientasi strategik dan kurangnya kemampuan menghimpun dan memobilisasikan berbagai sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang usaha.
  4. Permodalan yang kurang dari segala aspek.
  5. Sumber Daya Manusia yang kurang mampu mengelola Koperasi, maka Koperasi berjalan tidak profesional dalam artian tidak berjalan baik.
  6. Kurangnya kesadaran masyarakat bahwa tujuan koperasi adalah kesejahteraan bersama.
  7. Pemanjaan Koperasi
  8. Demokrasi Ekonomi yang kurang
Dari beberapa kendala tersebut dapat disimpulkan, bahwa tingkat kesadaran manusia zaman sekarang ini sangat lah buruk akan kepedulian terhadap sesama. Karena tidak adanya tujuan kebersamaan untuk mewujudkan kesejahteraan, dan manusia zaman sekarang hanya mau melakukan hal-hal yang praktis saja maka Koperasi di Indonesia sulit di jalankan.

Untuk memajukan perkoperasian di Indonesia dibutuhkan orang-orang yang mau bekerja sama dan memiliki tujuan mencapai kesejahteraan tersebut dengan jiwa sosial yang tinggi.

google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar